.
TEORI BRONFENBRENNER
Teori Bronfenbrenner
berfokus utama pada konteks sosial dimana anak tinggal dan orang-orang yang
mempengaruhi perkembangan anak.
Teori ekologi Bronfrnbrenner terdiri dari lima sistem lingkungan yang merentang
dari interpersonal sampai ke pengaruh kultur yang lebih luas. Bronfenbrenner
menyebut sistem-sistem itu sebagai mikrosistem, mesosistem, ekosistem,
makrosistem, dan kronosistem.
1.
Mikrosistem adalah setting dimana
individu banyak menghabiskan waktu. Dalam konteks ini, individu berinteraksi
langsung dengan orangtua, guru, teman seusia, dan orang lain.Contohnya adalah
ketika saya berlibur bersama keluarga disaat weekend dan setiap harinya
menghabiskan waktu bersama teman-teman dikampus mulai dari ngerjain tugas
bareng,seru-seruan bareng dan hangout bareng.
2.
Mesosistem adalah kaitan antar-mikrosistem.
Hubungan antara pengalaman dalam keluarga dengan pengalaman di sekolah, dan
antara keluarga dengan teman sebaya.Contohnya adalah ketika
saya berada dikampus brsama temen-temen saya saya adalah orang yang periang,
asik dan terkadang nyebelin. tapi jika dirumah saya berubah menjadi orang yang
pendiam dan gak banyak omong, saya tidak terlalu menunjukkan gimana saya
dikampus dikarenakan orang-orang dirumah saya juga orang-orang yang pendiam.
3.
Ekosistem adalah ketika pengalaman di
setting lain mempengaruhi pengalaman yang lain dalam konteks sendiri. Misalnya,
dewan sekolah dan dewan pengawas taman di dalam suatu komunitas. Mereka
memegangi peran kuat dalam menentukan kualitas sekolah, taman, fasilitas
rekreasi, dan perpustakaan. Keputusan mereka bisa membantu atau menghambat
perkembangan anak.Contohnya adalah ketika ibu membuat peraturan dirumah dan
saya harus menyesuaikan diri,dengan alasan itu demi kebaikan saya misalnya saja
saya tidak boleh pulang larut malam jika bepergian
4.
Makrosistem adalah kultur yang luas.
Kultur adalah istilah yang mencakup peran etnis dalam perkembangan anak. Kultur
adalah sebuah konteks di mana murid dan guru tinggal, termasuk nilai dan adat
istiadat masyarakat.Contohnya
adalah adat dilingkugan tempat saya tinggal adalah remaja putri dan putera
harus ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dengan cara ikut bergotong
royong setiap hari minggu.dan itu dapat mendidik saya menjadi individu yang
peduli akan lingkungan sekitar.
5.
Kronosistem adalah kondisi sosiohistoris
dari perkembangan anak. Anak-anak sekarang adalah generasi pertama yang
mendapatkan perhatian setiap hari, generasi pertama yang tumbuh di
lingkungan elektronik yang dipenuhi oleh komputer dan bentuk media baru,
generasi yang tumbuh dalam revolusi seksual, dan generasi pertama yang tumbuh
di dalam kota yang semrawut dan tak terpusat, yang tidak lagi jelas batas
antara kota, pedesaan atau subkota.Contohnya adalah dikeluarga saya, saya
adalah salah satu yang ikut menikmati kemajuan perkembangan teknologi. tapi
semuanya saya pergunakan sesuai dengan kebutuhan saya sehari-hari.
Kelompok11
1.
M.Faroq (Bronfenbrenner)
2.
Renita Napitupulu (Vygotsky)
3.
Juliani Sapitri Hsb (Vygotsky)
4.
Ahmad Yusuf (Vygotsky)
5.
Khairunnisa A (Bronfenbrenner)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar