Minggu, 23 Maret 2014

TEORI BRONFENBRENNER


.

TEORI BRONFENBRENNER


Teori Bronfenbrenner berfokus utama pada konteks sosial dimana anak tinggal dan orang-orang yang mempengaruhi perkembangan anak.

                    Teori ekologi Bronfrnbrenner terdiri dari lima sistem lingkungan yang merentang dari interpersonal sampai ke pengaruh kultur yang lebih luas. Bronfenbrenner menyebut sistem-sistem itu sebagai mikrosistem, mesosistem, ekosistem, makrosistem, dan kronosistem.



1.      Mikrosistem adalah setting dimana individu banyak menghabiskan waktu. Dalam konteks ini, individu berinteraksi langsung dengan orangtua, guru, teman seusia, dan orang lain.Contohnya adalah ketika saya berlibur bersama keluarga disaat weekend dan setiap harinya menghabiskan waktu bersama teman-teman dikampus mulai dari ngerjain tugas bareng,seru-seruan bareng dan hangout bareng.



2.      Mesosistem adalah kaitan antar-mikrosistem. Hubungan antara pengalaman dalam keluarga dengan pengalaman di sekolah, dan antara keluarga dengan teman sebaya.Contohnya adalah ketika saya berada dikampus brsama temen-temen saya saya adalah orang yang periang, asik dan terkadang nyebelin. tapi jika dirumah saya berubah menjadi orang yang pendiam dan gak banyak omong, saya tidak terlalu menunjukkan gimana saya dikampus dikarenakan orang-orang dirumah saya juga orang-orang yang pendiam.



3.      Ekosistem adalah ketika pengalaman di setting lain mempengaruhi pengalaman yang lain dalam konteks sendiri. Misalnya, dewan sekolah dan dewan pengawas taman di dalam suatu komunitas. Mereka memegangi peran kuat dalam menentukan kualitas sekolah, taman, fasilitas rekreasi, dan perpustakaan. Keputusan mereka bisa membantu atau menghambat perkembangan anak.Contohnya adalah ketika ibu membuat peraturan dirumah dan saya harus menyesuaikan diri,dengan alasan itu demi kebaikan saya misalnya saja saya tidak boleh pulang larut malam jika bepergian



4.      Makrosistem adalah kultur yang luas. Kultur adalah istilah yang mencakup peran etnis dalam perkembangan anak. Kultur adalah sebuah konteks di mana murid dan guru tinggal, termasuk nilai dan adat istiadat masyarakat.Contohnya adalah adat dilingkugan tempat saya tinggal adalah remaja putri dan putera harus ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dengan cara ikut bergotong royong setiap hari minggu.dan itu dapat mendidik saya menjadi individu yang peduli akan lingkungan sekitar.



5.      Kronosistem adalah kondisi sosiohistoris dari perkembangan anak. Anak-anak sekarang adalah generasi pertama yang mendapatkan perhatian setiap hari, generasi pertama yang tumbuh di lingkungan elektronik yang dipenuhi oleh komputer dan bentuk media baru, generasi yang tumbuh dalam revolusi seksual, dan generasi pertama yang tumbuh di dalam kota yang semrawut dan tak terpusat, yang tidak lagi jelas batas antara kota, pedesaan atau subkota.Contohnya adalah dikeluarga saya, saya adalah salah satu yang ikut menikmati kemajuan perkembangan teknologi. tapi semuanya saya pergunakan sesuai dengan kebutuhan saya sehari-hari.



Kelompok11

1.      M.Faroq (Bronfenbrenner)

2.      Renita Napitupulu (Vygotsky)

3.      Juliani Sapitri Hsb (Vygotsky)

4.      Ahmad Yusuf (Vygotsky)

5.      Khairunnisa A (Bronfenbrenner)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar